UAS DATABASE 1

MEMBUAT DATABASE TOKO MATERIAL DENGAN MS.ACCESS

Kali Ini Saya Akan Membuat Suatu Database TOKO MATERIAL Dimana Saya Akan Menjual Barang Seperti Paku, Semen, Gipsum, Batako, Cat. Tujuan Saya Disini Agar Mempermudah Dalam Pembelian Item Item nya Dan Juga Kita Dapat Melihat Nota Dari Apa Yang Sudah Kita Beli. Disini Saya Menggunakan 2  tabel, 1 Querry, 2 form, 1 report, dan SwitchBoard. Nah jika Penasaran Langsung Saja Ke Pembahasan Dibawah Sebagai Berikut.


1. TabelUntuk Tabelnya Sendiri Saya Membuat Dengan Nama "Tabel Barang Dan Tabel Pembelian". 

A. Tabel Barang

Di Dalam Tabel Barang Nya Sendiri Terdapat ID_Barang, Nama_Barang, Harga_Barang Dan Juga Sudah Saya isi Seperti Gambar Dibawah Ini.

Dan Berikut Design view nya. 


B. Tabel Pembelian
Di Dalam Tabel Pembelian Terdapat Nama_Pembeli, Nama_Barang, Jumlah, Tanggal.
Berikut design viewnya.

2. Membuat Query.
Selanjutnya Adalah Membuat Query. Query itu Sendiri Adalah sebuah permintaan atau panggilan suatu data dalam sebuah data base. Di Dalam Field Dibawah Ini, Saya Membuat Nama_Pembeli, ID_Barang, Harga_Barang, Jumlah, Tanggal, Dan Total.

Berikut Design View nya.


3. Membuat Form
Setelah Kita Sudah Membuat Query, Selanjutnya Kita Membuat Form Dari Tabel Barang Dan Tabel Pembelian. Form Sendiri Digunakan Untuk Mempersentasikan Ke User Atau Menerima Inputan Dari Data Data Query, dan Berikut Form Yang Telah Saya buat.

A. Form Barang
Didalam Form Barang Terdapat User Akan Memasukan ID_Barang, Nama_Barang, Dan Harga Barang.

B. Form Pembelian
Disini Sama Seperti Form Barang Dimana Form Pembelian User Akan MengInput Nama_Pembeli, Nama Barang, Jumlah, Dan Tanggal Pembelian.


4. Report
Disini Kita Membuat Laporan Dari Hasil Pembelian Dan Data Tersebut Kita Ambil Dari Query Yang Sudah Dibuat, Berikut Hasilnya.

5. SwitchBoard
SwitchBoard Sendiri Berupa Tombol Menu Yang Fungsinya Untuk Memudahkan Pengakses Database Dan Pastinya Tampilan Akan Lebih Interaktif.


A. Jika Kita Memilih Pilihan Pembelian Maka Akan Seperti Berikut.

B. Jika Kita Memilih Barang Akan Muncul Seperti Berikut.

C. Jika Memilih Report Pembelian Maka Akan Muncul Seperti Berikut.

D. Dan Bila Memilih Keluar Maka Akan Otomatis Keluar Ke Desktop/Lobby.

Sekian Laporan Tugas Dari Saya, Bila Ada Kekurangan Kata Atau Salah Dalam Pengucapan Mohon Di Maafkan, Oleh Karena Itu Saran Dan Kritik Yang Membangun Saya Sangat Harapkan Untuk Di Perbaiki Kedepan Nya. Terima Kasih :) 









Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTS Bahasa Automata